Si Bagus Generasi ke- 2

Si Bagus Generasi ke- 2
Calon Pejantan Usia 2 Bulan

Jumat, Oktober 02, 2009

Si Tangguh Calon Pejantan Super


<==> Betapa Menyenangkan Beternak Kambing Etawa <==>

Beternak Etawa memang sangat menyenangkan, selain buat bisnis ketika kita sedang jenuh dengan aktifitas sehari - hari, kejenuhan itu bisa pudar ketika kita melihat indahnya ciptaan Allah yang satu ini, mereka berlari dan bermain bersama teman sebayanya, sungguh lincah gerakannya.
Dari pengalaman saya dalam beternak etawa, mulai dengan qualitas yang biasa, sedang dan bagus, ternyata yang paling menyenangkan adalah memelihara etawa dengan qualitas diatas rata - rata, banyak sekali keuntungannya diantaranya : dengan cost yang dikeluarkan sama antara etawa super dengan etawa biasa namun harga jual jauh lebih menguntungkan super dibanding etawa kelas biasa, untuk pemasaran etawa super bahkan cenderung lebih mudah didaerah saya daripada kambing etawa qualitas biasa, justru yang qualitas bagus dicari oleh para etawa mania, berapapun harganya sepertinya mereka menomor duakan yang penting apa yang menjadi incarannya bisa didapatkan.
<==> Alternatif Pakan Dimusim Kemarau <==>
Saat ini kami sedang mengembangkan sekitar 30 indukan untuk pembibitan. Walaupun musim kemarau rasanya bukan kendala lagi bagi kami, karena pola makan dikandang kami sudah mulai kami biasakan dengan makanan non hijauan/dedaunan, semenjak kurang lebih sebulan lalu kami telah memberikan makan ternak kami dengan ampas singkong yang bisa saya dapatkan secara continue dengan supply yang lancar. Bahkan teman disekitar peternakan saya mengambil ampas singkong tersebut dari tempat saya, karena saya beli dalam partai besar.
Sebelum saya berikan pakan ampas singkong, kambing etawa saya setiap harinya hanya saya beri pakan vermentasi dari bahan (kedelai,jagung,kangkung,bekatul,tetes tebu) yang telah divermentasi sedemikian rupa dengan cost Rp 2.000,00/kg.
Namun dengan adanya ampas singkong didaerah saya, harga ampas singkong hanya Rp 600,00/kg. namun disini kami tidak hanya memberikan ampas singkong semata namun saya campur dengan konsentrat sebanyak 1/4kg per 1 kg ampas singkong. Jika harga konsentrat Rp 2.000,00/kg dibagi 1/4 = Rp 500,00, jadi biaya yang dikeluarkan untuk 1 kg ampas singkong dan 1/4 kg sentrat adalah Rp 1.100,00, sehingga penghematan untuk pakan adalah 45% dari pengeluaran biasanya Rp 2.000,00. untuk makan satu ekor kambing etawa dalam satu hari untuk betina +/- 1kg racikan tersebut. dengan pola pemberian pakan pagi dan sore. Namun untuk pejantan konsumsinya lebih dari itu sesuai dengan berat tubuh yaitu 3% x berat badan.

2 komentar:

  1. Salam kenal Pak,

    Saya juga beternak kambing PE sejak 2 tahun lalu. Lokasi kita lumayan berdekatan, kandang saya di Ketitang, nogosari ( dekat embarkasi haji ). Sukses buat peternak indonesia.

    BalasHapus
  2. salam kenal Pak,
    keluarga saya sebenarnya sudah lama beternak kambing, tp tdk di komersilkan. baru sekitar 2 bln jalan, lumayan menggiurkan. harga yang menurut saya lebih murah di banding tempat lain dgn kualitas yang tdk kalah, membuat saya semakin eksis. saya di daerah pasedan kec Bulu Kab rembang

    BalasHapus